Tips Dan Cara Pemasangan Batu Koral Sikat Yang Benar

Tips Dan Cara Pemasangan Batu Koral Sikat - Batu Koral adalah batu-batuan alam yang ditebar pada taman atau disusun seperti mozaik pada lantai rumah yang berfungsi mencegah lantai licin dan menambah keindahan lantai didalam maupun diluar rumah. Selain itu ada juga yang memfungsikan koral sikat sebagai alat pijat refleksi pada kaki karena permukaan lantai koral sikat itulah dibuat lebih menonjol-nonjol.

Bahannya dari batu koral hias (pebbles) yang memang beragam bentuknya. Dari kecil hingga besar, halus dan kasar, hingga warna-warni. Semua sama menariknya jika digunakan sebagai elemen rumah.

Perlakuan terhadap koral hias ini ada 2 yang sering diaplikasikan pada rumah-rumah. Pertama ditabur atau di tebar. Artinya Koral hias hanya ditaburkan atau di tebarkan pada tempat yang telah dibuat khusus untuknya. Yang paling sering di tebar di taman dengan bentuk tebaran sesuai keinginan.

Tetapi saat ini koral hias juga bisa ditaburkan dilantai didalam rumah sebagai bagian dari elemen interior. Biasanya digunakan sebagai aksen atau menjadi pembagi ruang yang diletakkan di lubang tanpa keramik.


Kedua, ditempel. Inilah yang disebut dengan koral tempel atau koral sikat. Karena membuatnya di tempel kan pada adukan semen kemudian setelah agak kering disikat dengan sikat baja supaya sisa-sisa semen tidak menutupi permukaan koral hias. Koral sikat yang yang telah menyatu dengan adukan semen tadi dapat digunakan sebagai lantai carport, teras, bahkan dinding rumah.

Koral Hias


Koral hias merupakan elemen penting dalam memberi kesan back to nature pada rumah kita. Koral hias bisa mempunyai peran sebagai salah satu elemen pada taman, teras, atau sudut-sudut ruangan bisa menambah nilai estetika lingkungan sekitar. Selain itu, juga menjadi kombinasi untuk menyeimbangkan material lunak (softscape), karena bebatuan merupakan material keras (hardscape) di sebuah taman.

Selain bersifat dekoratif, Batu koral yang ditabur dan terletak di tanah di bawah atap rumah berfungsi sebagai resapan air. Dengan demikian, tetesan air dari atap akan menuju ke taburan batu koral agar air tidak memercik ke tembok taman. Hamparan batu koral di taman juga bermanfaat dari segi kesehatan.

Batu Koral dapat difungsikan sebagai ornamen relaksasi. Anda dapat mendesain ’’taman terapi’’ dengan menebar atau menyusun batu koral dengan tinggi-rendah dan besar-kecil tertentu agar sesuai dengan kontur telapak kaki.

Konsep ini bisa diaplikasikan pada taman rumah, semisal pada jalur setapak bagi pejalan kaki.Anda cukup berjalan di atas taburan batu tadi, dan biarkan bebatuan ini menjadi pemijat refleksi alami untuk kaki yang sering pegal atau lelah. Saat mengenai telapak kaki, permukaan batu yang kasar akan melancarkan sirkulasi darah. Namun perlu diingat, pilihlah batu yang tidak terlalu runcing atau tajam karena dapat melukai kaki. Carilah batu koral berbentuk oval berdiameter 1-2 cm.



Jenis Koral Hias


Beberapa namanya diambil dari nama daerah seperti Koral Lampung, Mik Bali, Batu Alor Surabaya, Ambon, Bengkulu, Pelabuhan Ratu, hingga Batu Flores. Harganya pun bervariasi sesuai dengan ukuran dan halus tidaknya permukaan batu. Di pasaran, Batu Lampung Super yang paling mahal harganya.


Cara Mudah Membuat Koral Sikat




1. Persiapan Media Lahan


Persiapkan media untuk ditaburi koral hias. Media ini bisa berupa lantai dirumah kita seperti lantai carport, lantai teras atau lantai tangga. Sebelumnya usahakan permukaan lantai dilukai (dibuat kasar) terlebih dulu agar semen dan bidang lantai bisa menyatu. Selain itu bahan-bahannya juga sudah harus siap beserta desain koral sikat yang diinginkan.


2. Membuat Cetakan atau pembatas


Cetakan ini gunanya agar motif mozaik koral sikat sesuai dengan ukuran permukaan bidang lantai. Cetakan bisa terbuat dari apa saja, bisa dari kayu atau terbuat dari besi. Penting untuk diketahui agar cetakan atau pembatas ini dilumuri dengan oli terlebih dahulu. Supaya jika sudah mengering, mudah melepas cetakannya.

3. Membuat Adukan Semen


Sebagai bahan perekat koral hias adalah adukan semen. Campuran nya adalah semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 1. Tambahkan air hingga adonan semen pasir pas seperti adonan plesteran tembok.

4. Masukkan Adukan


Masukan adukan kedalam cetakan, padatkan dan ratakan. Hal ini penting agar dasar koral sikat ini kokoh dan tidak berongga. 

 5. Menata Batu Koral



Setelah adukan merata dalam bidang cetakannya, barulah kita tata koral hiasnya berdasarkan desain yang sudah kita inginkan. Mulailah dari tepi kemudian berlanjut ke tengah. Jika motif koralnya kecil-kecil bisa langsung ditaburkan kedalam cetakan kemudian diratakan agar semuanya menempel pada semen.

Jika semua koral hias sudah tertempel, tekanlah koral tadi secara bersamaan agar hasil permukaan koral sikat merata. Anda bisa gunakan triplek atau papan kayu untuk menekannya.


6. Tunggu setengah kering


Setelah semua tertempel, tunggulah hasil perpaduan koral sikat dan semen tadi setengah kering atau kurang lebih setengah hari, kemudian sikat dengan sikat kawat agar permukaan koral sikat bagian atas terlihat jelas dan tidak ada semen yang menutupi batu-batu koral hias tersebut.

Tetapi ingat jangan terlalu keras saat menyikatnya karena akan membuat beberapa koral hias terlepas. Karena jika terlepas, agak susah mengembalikannya mengingat semen sudah setengah kering.

7. Bersihkan Permukaan


Setelah semua disikat, kemudian lap dengan lap basah agar warna koral hias kelihatan. Setelah itu kita tinggal tunggu sampai kering. Biasanya hal ini memakan waktu sekitar 1 hari. Setelah benar-benar kering bisa dilepaskan dari cetakannya atau pembatasnya.


8 Lakukan Coating 



Agar permukaan batu bisa awet dan tahan terhadap lumut serta debu, sapukan dengan cairan coating dengan perbandingan 1 liter untuk 6 meter permukaan koral sikat.

Ada cara lain untuk membuat koral sikat yaitu mencampurkan langsung antara koral sikat dengan adukan atau acian semen. Cara ini sangat boros koral sikat dan biasanya hanya di pergunakan untuk bidang tegak saja.


Tips Membersihkan Koral Hias


Merawat koral hias terutama jika diletakkan di luar ruangan tidaklah sulit. Di musim panas, lumut dapat hilang dengan sendirinya sementara hujan akan membersihkan debu dan kotoran. Nah, untuk koral dalam ruangan terutama di kamar mandi, Anda bisa membersihkan sendiri.

Masukkan koral hias ke dalam ember yang telah diisi air 1/4 ember. Masukkan 4-5 tutup botol, cairan pembersih porselen. Diamkan selama 1-2 jam. Gunakan sarung tangan karet lalu aduk-aduk batu dalam ember. Buang airnya lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu, batu siap ditebar kembali.

Jika anda berminat untuk memasang koral sikat di rumah , hunian atau kantor anda ??
anda bisa langsung menuju website nya Di www.cahayaalamstone.com  Atau bisa datang langsung ke tempat nya untuk konsultasi.


Demikianlah tentang batu koral sikat dan cara pemasangan nya semoga membantu dan bermanfaat
Sumber: www.tabloidhunianku.com



Uhendrayana
Uhendrayana Manusia yang apa adanya namun tidak ada apa-apa nya tapi ada apanya